0

Peran Pemerintah dalam Perkembangan Industri Kreatif

Posted by Mustikawati on 20.31 in , ,
UKM GALLERY DIHARAPKAN JADI LOKOMOTIF INDUSTRI KREATIF

Jakarta, 3/4/2009 (Kominfo-Newsroom) - Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali mengharapkan UKM Gallery dapat menjadi lokomotif bagi industri kreatif Indonesia. 
“UKM Gallery ini diharapkan menjadi lokomotif yang mampu menarik gerbong industri kreatif di Indonesia,” kata Suryadharma Ali di Jakarta, Jumat, saat meresmikan UKM Gallery di Gedung Smesco Jakarta, Jumat (3/4). 

Ia mengatakan, gerai tiga lantai itu juga diharapkan tidak sekadar menjadi tempat promosi dan pemasaran produk, tetapi juga sarana strategis untuk menggerakkan produsen, sarana inovasi, dan penggali produk anak bangsa terbaik. Dalam kesempatan itu, Menteri Suryadharma meminta agar pengelola UKM Gallery senantiasa cermat dan cerdas untuk mencari cara menarik lebih banyak pengunjung yang datang, misalnya melalui gelaran event yang menarik publik, seperti fashion show, talkshow, dan lomba-lomba desain. 

“Keberhasilan misi dan visi UKM Gallery ini ditentukan oleh networking lembaga terkait, termasuk akademisi, asosiasi, travel biro, Pemda, dan instansi lain,” katanya. 

Selain itu, Ia berharap kehadiran UKM Gallery dapat menjadi jawaban atas tantangan krisis keuangan global yang berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat dunia sehingga menurunkan tingkat ekspor.

Tidak Pesimistis

“Saya mengimbau agar UKM tidak pesimistis, justru krisis harus dijadikan momentum untuk mengoptimalkan pasar dalam negeri dan penetrasi ke pasar alternatif, yaitu Eropa Timur, Timur Tengah, Afrika, dan Rusia,” kata Suryadharma. 

Menurut dia, dengan jumlah penduduk mencapai 220 juta jiwa disertai pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, Indonesia merupakan negara yang sangat potensial dari sisi pasar. “Diharapkan UKM dapat mengoptimalkan perannya memanfaatkan potensi yang besar tersebut”. 

Ia menambahkan, sebagian besar pelaku UKM di Indonesia bergerak di sektor industri kreatif yang berbasis ide dan inovasi kreatif dalam memanfaatkan sumber daya untuk menghasilkan produk bernilai tambah dan laku dipasarkan. “Industri kreatif merupakan harapan masa depan, pengembangan UMKM jadi momentum tahun 2009 sebagai tahun industri kreatif yang harus dimanfaatkan dan didukung seoptimal mungkin,” tambahnya. 

Sementara itu, Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM, Harun Kussuwardhono mengharapkan UKM Gallery dapat menjadi ikon bagi pemberdayaan KUKM di Indonesia. 

“Bangsa Indonesia memiliki budaya yang luar biasa. UKM Gallery, salah satu misinya, turut menjaga dan mengembangkan warisan budaya Indonesia dengan menyajikan karya terbaik anak bangsa,” katanya. 

Harun menambahkan, UKM Gallery ke depan tidak sekedar akan menjadi tempat promosi dan pemasaran produk unggulan UKM se Indonesia, tetapi juga dapat menjadi tujuan wisata belanja yang baru. (T.Dw/ysoel)
.

Review
• Industri Kreatif : Peresmian UKM Gallery di Gedung Smesco, Jakarta. UKM Gallery merupakan gerai tiga lantai yang diharapkan menjadi tempat promosi dan pemasaran produk, tetapi juga sarana strategis untuk menggerakkan produsen, sarana inovasi dan penggali produk anak bangsa yang terbaik. Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali mengharapkan UKM Gallery dapat menjadi lokomotif bagi industri kreatif Indonesia. Sementara itu, Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM, Harun Kussuwardhono mengharapkan UKM Gallery dapat menjadi ikon bagi pemberdayaan UKM di Indonesia.

• Visi Bersama : UKM Gallery ini diharapkan menjadi lokomotif yang mampu menarik gerbong industri kreatif di Indonesia. Selain itu Ia juga berharap bahwa UKM Gallery ini dapat menjadi jawaban untuk masalah yang dihadapi sebagai dampak dari krisis keuangan global yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat dunia sehingga menurunkan pendapatan eksport. UKM Gallery ke depannya tidak sekedar akan menjadi tempat promosi dan pemasaran produk unggulan UKM se Indonesia, tetapi juga dapat menjadi tujuan wisata belanja yang baru. Selain itu Harun Kussuwardhono mengharapkan UKM Gallery dapat menjadi ikon bagi pemberdayaan KUKM di Indonesia.

• Komitmen Bersama : Pemerintah bersama-sama dengan pengelola UKM Gallery berharap agar turut dapat menjaga dan mengembangkan warisan budaya bangsa dengan menyajikan karya anak negeri yang terbaik. Pada kesempatan itu, Menteri Suryadharma juga meminta kepada pengelola UKM Gallery agar lebih cermat dan cerdas untuk mencari cara agar menarik lebih banyak pengunjung yang datang. Berbagai cara dapat dilakukan misalnya : dengan mengadakan event-event yang menarik public, seperti fashion show, lomba-lomba mendesain, talkshow, dll.  

• Raih Prestasi : Menurut Menteri Suryadharma, keberhasilan misi dan visi UKM Gallery ini ditentukan oleh networking lembaga terkait, termasuk akademisi, asosiasi, travel biro, Pemda, dan instansi lain,” katanya. Indonesia merupakan Negara yang sangat potensial dari sisi pasar, sehingga diharapkan UKM tersebut bisa memaksimalkan potensi tersebut untuk menghasilkan produk dengan nilai tambah dan dapat laku dipasaran.

• Kesejahteraan & Keadilan Bersama : Diharapkan agar UKM Gallery ini dapat berkembang dan dapat menyalurkan ide-ide kreatif anak negeri sehingga mengalami peningkatan eksport dan menambah devisa negera. Keadaan masyarakat pun semakin meningkat ekonominya dan mengalami kehidupan yang lebih baik serta tercipta lapangan kerja bagi banyak orang lain. Karya anak negeri pun lebih terekspos ke luar, sehingga bisa dinikmati dan dikenal oleh orang dari luar juga.

Kesimpulan

Menurut saya, dengan adanya UKM Gallery seperti itu, dapat memacu perkembangan industri kreatif di Indonesia. UKM Gallery tersebut sangat bermanfaat dalam mendukung dan mengembangkan peningkatan industri kreatif. Karena UKM itu menjadi sarana yang memadai untuk tempat mempromosikan produk ekonomi kreatif, memasarkan produk dan menggerakkan agar masyarakat semakin memacu pertumbuhan ide kreatif untuk menghasilkan produk yang bermanfaat dan dikenal hingga mancanegara sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan UKM Gallery :
  • Mengadakan pameran
  • Fashion show
  • Talk show industri kreatif
Di Indonesia, sebagaian besar pelaku UKM bergerak dibidang industri kreatif yang memanfaatkan ide dan kreativitas, sehingga Indonesia merupakan negara yang potensial dalam sisi pasar dan meningkatkan pendapatan ekspor. Sementara itu, dengan adanya dukungan dari bagan pemerintahan yaitu Menteri Koperasi dan UKM serta Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM diharapkan UKM Gallery tersebut dapat berkembang sesuai yang diharapkan dan bisa menjadi tempat wisata belanja baru. 


0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 One Creative All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.